Senin, 16 Februari 2015

Manfaat Daun Jambu biji

Posted by angel's note on Februari 16, 2015 with No comments

 



Daun jambu biji kaya akan kandungan zat antioksidan, antibakteri, agen anti-inflamasi, tanin, serta membantu meredakan rasa sakit.
Menurut Dietary Fiber Foods.com, teh daun jambu biji telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Untuk membuat teh daun jambu biji, cukup dengan mengeringkan dan merebus daun jambu biji. Namun ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter, sebelum Anda mengkonsumsi ramuan apapun.
1. Menurunkan Kadar Glukosa Darah
Mengonsumsi teh daun jambu biji bisa menghambat enzim alpha – glucosidase. Penghambatan enzim ini bermanfaat mengurangi kadar glukosa dalam darah, penting dalam pencegahan diabetes  tipe 2. Demikian hasil sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal tahun 2010 dalam “Nutrisi dan Metabolisme oleh Yakult Central Institute untuk Riset Mikrobiologi di Tokyo, Jepang.

2. Mencegah Sukrosa dan Maltosa Diserap Tubuh
Mengonsumsi ramuan teh daun jambu biji bisa mencegah sukrosa dan maltosa diserap ke dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan kadar gula darah danmenurunkan berat badan. Mereka yang minum teh daun jambu biji selama 12 minggu, bahkan disebut memiliki kadar gula darah yang lebih rendah, tanpa meningkatkan produksi insulin.
3. Sumber Antioksidan
Daun jambu biji kaya antioksidan kuat seperti vitamin C dan quercetin yang menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit yang melemahkan seperti penyakit jantung, kanker, arthritis, degenerasi makula, dan stroke.
4.Obat diare
Menurut Nigerian Tribune, bukan hanya meredakan perut mual dan mencegah kuman memproduksi racun penyebab diare; mengonsumsi teh daun jambu biji juga menghambat aktivitas racun yang mungkin telah diproduksi.

5. Obat infeksi Kulit
Hasil studi menyebutkan, komponen ekstrak daun jambu biji memiliki sifat anti – bakteri, yang mencegah infeksi pada luka bedah, kulit dan infeksi jaringan lunak. Daun jambu biji juga bermanfaat mencegah jerawat dan dapat digunakan untuk mencuci wajah. Teh daun jambu biji mencegah proses pelepasan histamin, senyawa penangkal reaksi alergi.

6. Obat Penyakit Mulut
Teh daun jambu bermanfaat mengobati penyakit yang berhubungan dengan mulut seperti sakit gigi.sakit tenggorokan, dan sakit pada gusi. Menurut artikel “The 150 Healthiest Foods on Earth” oleh Jonny Bowden, seperti dilansir Livestrong, teh yang terbuat dari daun jambu biji bisa mengobati luka pada dinding mulut. Selain itu, sebagai cairan kumur, teh daun jambu biji dapat mengurangi ketidaknyamanan di mulut akibat sakit tenggorokan, radang dan mulut bengkak.

0 komentar:

Posting Komentar