Bab VII
Arsitektur Komputer
A. Pengertian Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara inter koneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.
Dalam bidang teknik komputer, definisi
arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk
perancangan sistem komputer. Arsitektur komputer tentunya sangat dibutuhkan bagi perancang ataupun user software sistem dalam mengembangkan
suatu program.
B. Sub-Kategori Arsitektur Komputer
Arsitektur
komputer ini mengandung 3 (tiga) sub-kategori, diantaranya meliputi:
1.
Set
intruksi (ISA).
2.
Arsitektur
mikro dari ISA, dan juga
3.
Sistem
desain dari semua atau seluruh komponen dalam perangkat keras (hardware) komputer ini.
Arsitektur
Komputer yaitu desain komputer yang meliputi:
1.
Set
instruksi.
2.
Komponen
hardware (perangkat keras).
3.
Organisasi
atau susunan sistemnya.
C. Bagian Utama Arsitektur Komputer
Terdapat 2 (dua)
bagian pokok arsitektur komputer:
1.
Instructure Set
Architecture, adalah
spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi
dengan komputer.
2.
Hardware System
Architacture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu
CPU, Memori, serta OS.
D. Faktor Yang Berpengaruh Pada Keberhasilan Arsitektur Komputer
Terdapat
faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada keberhasilan arsitektur komputer, 3
(tiga) diantaranya adalah:
1.
Manfaat
Arsitektural
Diantaranya yaitu:
a.
Aplicability ( daya terap )
Arsitekturnya harus sesuai dengan aplikasi yang akan dibuat atau ditentukan dsn terencana.
b.
Maleability ( daya tempa )
Lebih spesifik arsitektur yang akan dibuat, maka akan lebih sulit untuk mengimplementasikan kepada mesin yang berbeda ukuran dan kinerjanya dari yang lain.
c.
Expandibility ( daya kembang )
Ukuran kemudahan bagi perancang sistem meningkatkan arsitektur yang direncanakan.
d.
Comptible ( daya serasi-pasang )
2.
Kinerja
Sistem.
Yaitu untuk
mengukur kinerja dari sistem, ada serangkaian program yang standard yang
dijalankan yang dapat di sebut Benchmark
pada komputer yang akan diuji ukuran kinerja CPU:
a.
MIPS
(Million Instruction PerSecond)
b.
MFLOP
(Million Floating Point PerSecond)
c.
VUP
(VAX Unit of Performance)
Ukuran Kinerja I/O sistem:
a.
Sistem
Operasi Bandwith
b.
Operasi
I/O Perdetik
Ukuran
Kinerja Memori:
a.
Memori
Bandwith
b.
Waktu
Akses Memori
c.
Ukuran
Memori
0 komentar:
Posting Komentar